Hanung Bramantyo Tak Mau Kalah dengan Ki Kusumo

Jika Ki Kusumo mengklaim filmnya telah meraih jumlah penonton sampai 500 ribu dalam lima hari penayangannya, Hanung Bramantyo pun tak mau kalah.

Dalam Twitternya, sutradara film '?' (tanda tanya) ini mengklaim dalam lima hari penayangan, filmnya telah ditonton oleh 59.623 penonton.

“Film ‘?’ sudah mencapai dari 59.623 penonto dalam 5 hari. Terima kasih buat apresiasinya. Salam toleransi,” tulis Hanung lewat Twitter, Senin (11/4/2011).

Tapi data yang dinukil dari filmindonesia.or.id, justru film ‘?’ duduk di peringkat pertama awal pekan ini dengan jumlah penonton mencapai 70.498 orang. Sedangkan 13 Cara Memanggil Setan hanya mencatat 51.061 penonton saja.

Penayangan perdana film ‘?’ memang menuai kontroversi, akibat alur cerita yang menggambarkan pluralisme dan juga salah tafsir tentang Banser NU. Sementara film produksi Ki Kusumo, merupakan film yang diarahkan oleh sutradara asal Hong Kong dan menampilkan cara-cara memanggil setan.

Dari data jumlah penonton, tiga film yang kini masih beredar seperti Skandal, Oh Tidak..!, dan Virgin 3, merupakan film yang telah tayang sejak Maret lalu.

Data jumlah penonton ini dihimpun dari PPFI, Blitzmegaplex, produser film, dan sumber-sumber lainnya. Berikut data jumlah penonton terkini yang dilansir dari filmindonesia.or.id, Selasa (12/4/2011).

1. Tanda Tanya - 70.498
2. 13 Cara Memanggil Setan - 51.061
3. Skandal - 99.969
4. Oh Tidak..! - 65
5. Virgin 3: Satu Malam Mengubah Segalanya - 279.585

Sebelumnya Ki Kusumo mengklaim filmnya yang dirilis bersamaa dengan film Hanung sejak 7 April lalu, mampu merajai dan berhasil menembus jumlah penonton terbanyak.

“Pencapaian tersebut sungguh fantastis karena 13 Cara Memanggil Setan mampu mengalahkan film lokal lain, termasuk film ? yang dirilis bersamaan,"

Nama Hanung Bramantyo memang menjadi jaminan dalam kesuksesan di kancah perfilman Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, film-film yang disutradarai Hanung mampu tercatat sebagai film terlaris.

Di tahun 2008, film Ayat-Ayat Cinta mampu meraih lebih dari 1 juta penonton, meskipun masih kalah dari film Laskar Pelangi. Pada 2009, Get Married 2 juga mampu meraih penonton di atas 1 juta, meskipun masih kalah dari Ketika Cinta Bertasbih yang meraih 3 juta penonton.

Tahun 2010, Hanung juga berhasil menyedot lebih dari 1 juta penonton untuk menyaksikan film Sang Pencerah. Akankah film ? juga akan mencapai lebih dari 1 juta penonton?

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Silahkan Tinggalkan Komentar atau Saran Anda Dibawah Ini

eXTReMe Tracker